Game SIMse

Sabtu, 24 November 2012

WATERFALL
Ketika pertama kali memainkan game ini, saya agak kesulitan dan awalnya hanya mendapat skor  sekitar 30an. Tapi setelah mencoba berulang kali, skor saya pun mulai naik. Ada beberapa hal yang patut diperhatikan dengan baik ketika memainkan game ini, adalah sebagai berikut;
-          Perhatikan pada bagian project artifacts beserta keterangan- keterangan yang lain, dan pahami maksud atau goal dari game ini
-          Pelajari karakter beserta keahlian – keahlian dari pegawai pegawai di game ini.
-          Tempatkan pegawai sesuai keahlian masing-masing (biasa dilihat melalui pengalaman kerja, perhatikan juga, apa yang mereka tidak sukai, dan tidak terlalu care bila mengerjakan bidang itu).
-          Perhatikan budget yang tertera pada pilihan project
-          Perhatikan juga Time yang sudah disediakan, bila melebihi bisa mengurangi skor.
-          Selesaikan masing-masing, secara berurutan ( requirements,design,coding lalu testing)
-          Usahakan untuk mengerjakan semuanya sampai 100%, dan jika ada error harus di correct hingga tidak ada error sama sekali.
-          Jangan lupa untuk menggunakan tools untuk memaksimalkan kinerja kerja pegawai.
-          Bila customer memberi bahan yang baru , create semuanya lagi hingga 100%
-          Saya menggunakan tombol next even, untuk mempercepat waktu tapi akan terhenti bila ada aktivitas baik dari pegawai atau ada permintaan customer
Demikian adalah beberapa hal yang patut diperhatikan, dan juga, setelah pertemuan kemarin, pak Sofyan sempat membahas bahwa memecat Roger bukanlah suatu keharusan, sedangkan saya mengira begitu. Karena dia terlihat tidak bisa apa-apa dan di semua bidang dia masih beginner, saya takut dia hanya akan mengganggu kelancaran project dan membuat error disana-sini jika membantu, maka hal paling pertama saya lakukan adalah memecatnya -_-‘ . Tapi ternyata, memecat Roger itu tidak dianjurkan, bila nanti ada yang memainkan game waterfall lagi, tidak usah memecat Roger dan lakukan saran pak Sofyan yaitu jadikan dia berguna, karena lama kelamaan dia bisa belajar dan keuntungannya bisa digaji minim.

RAPID PROTOTYPING

Bermain Rapid bisa dibilang paling mudah dan saya cepat mendapatkan skor yang tinggi, sebab tidak perlu ada perhatian khusus pada skill pegawai. Tugasnya adalah tugas bersama, yang patut kita perhatikan hanyalah harus mengerjakan projectnya sesuai urutannya.
Saya menggunakan java, untuk prototyping dan implementnya. Setelah sebelummnya mencoba yang lain, saya memilih java. Kunci dari permainan ini adalah, kerjakan berurutan, sesuai urutan di artifacts. Kalau muncul tulisan di layar yaitu “The customer called—he’s anxious for the initial prototype and wants to know what the hold-up is!”, stop pembuatan prototyping,dan pilih  have customer evalute prototype . Lalu diulang dari menulis spesifikasi standar kebutuhan, buat prototyping dan mengevaluasi prototyping. Setelah customer dengan pengembang masing masing ada kesepakatan ,lalu desain sistem. Setelah itu Implementing system.


INCREMENTAL
Permainan yang ini cukup membingungkan, karena agak mirip dengan waterfall, kita harus kembali memperhatikan skill pegawai, dan berikan mereka pekerjaan yang sesuai skill. Cukup membuat bingung, dam setelah itu, setelah menempatkan mereka sesuai pekerjaan, kita harus memperhatikan modul – modul yang ada 4. Dan keempat modul itu harus diselesaikan secara berurutan. Sebab jika tidak, skor akan sangat rendah. Permainan ini cukup menggunakan next event dan sama saja seperti yang lainnya, perhatikan time dan budgetnya.

Sekian penjelasan yang saya ketahui tentang game SimSe, jika ada kurang dan salah kata mohon dimaklumi ^_^

0 komentar:

Posting Komentar

 
Gabriella Irene. Design by Pocket