SOFTWARE

Sabtu, 06 Oktober 2012


Pada tanggal 5 Oktober 2012, di pertemuan kedua kami mempelajari tentang Software. Dan berikut adalah penjelasan dan ringkasan yang saya dapatkan dari pertemuan tersebut.

SOFTWARE
Pengertian software adalah kumpulan item atau objek yang membentuk konfigurasi ,seperti Program, Data dan Dokumen.
Dan berikut ini adalah sifat-sifat Software:
1.            Software is like an 'aging factory' karena bagaikan sebuah pabrik yang telah menua, ada suatu saat dimana tidak akan cocok lagi,dan permintaan menurun seiring perkembangan zaman dimana selalu ada penemuan baru.
2.            Software is engineered maksudnya adalah software tidak diproduksi secara massal.
3.            Software doesn't work out maksudnya adalah dibuat untuk jangka panjang dan tidak lapuk.
4.            Software is complex yang berarti bersifat kompleks.
5.            Software is differentiator maksudnya adalah sebagai pembeda.

Berikut ini adalah Software Applications / macam-macam software:
1.            System Software adalah sistem yang melayani software yang lain. Contohnya , seperti antivirus dan program windows seperti windows vista ,xp dll.
2.            Real-time software adalah software yang melakukan olah data berdasarkan waktu yang real.
3.            Business software yaitu software yang dipakai untuk keperluan orang – orang yang berbisnis.
4.            Engineering / scientific software adalah software yang digunakan untuk mengukur.
5.            Embedded Software adalah software yang dimasukkan dalam perangkat keras,seperti pendingin ruangan(AC) , kulkas dll.
6.            PC software, seperti software-software yang ditujukan untuk perangkat PC.
7.            AI software adalah software yang bisa kita dapatkan di game-game.
8.            Web applications adalah aplikasi-aplikasi yang berbasis web.

Dan berikut adalah penjelasan tentang proses software, yang diibaratkan bagaikan ikan salmon yang tinggal d sungai,dan ketika dewasa akan berenang ke laut, tapi jika ingin bertelur maka ia akan kembali ke sungai. Karena sulit melawan arus maka alirannya dibuat berundak-undak agar ia dapat kembali ke sungai dengan mudah. Berikut adalah gambar dari proses software;


 Dan setelah itu kami melakukan sejenis permainan, mengambil sebuah kertas yang berisi material bahan yang tidak boleh diperlihatkan kepada teman. Lalu harus memikirkan sebuah proyek beserta tujuannya berdasarkan material tersebut. Lalu mencari teman berpasangan dan saling menebak dengan saling bertanya pertanyaan yang hanya boleh dijawab dengan ya atau tidak, hingga semua material beserta proyek tertebak dengan hanya melihat tujuannya. Maksud dari permainan ini adalah, terkadang permintaan klien dan apa yang dibuat oleh programmer berlainan, dan masing-masing memiliki perkiraan dan maksud yang berbeda sebab komunikasi kurang efektif. Dan komunikasi serta pertanyaan yang efektif sangat diperlukan. Agar tidak mendapatkan hasil yang tidak sesuai harapan,
Sekian laporan saya mengenai software yang barusan dipelajari. Terima kasih atas waktunya untuk membaca blog ini.

1 komentar:

Sofyan Thayf mengatakan...

Cerita ikan salmon hanya untuk menjelaskan tentang bentuk air terjun Cascade yang digunakan unruk menggambarkan waterfall model, tidak ada hubungannya dengan proses software :)

Posting Komentar

 
Gabriella Irene. Design by Pocket